My Owned Preloved Item To Let GO

My Owned Preloved Item To Let GO
my.mini.bundle

Thursday, May 20, 2010

tips lagi utk turunkan berat badan after lahirkan bb

ehem3...

Puncak dari perjalanan selama 9 bulan kehamilan berakhir dengan perasaan yang begitu teruja atas lahirnya si bayi. Titik itu adalah momen untuk mengambil nafas sejenak -suatu ekspresi kelegaan luar biasa- sebelum melanjutkan dengan perjuangan berikutnya yang jauh lebih penting, yaitu membesarkan, merawat, dan mendidik anak.
Salah satu isu besar yang hampir selalu menjadi perhatian para moms pasca melahirkan adalah, bagaimana caranya menurunkan berat badan -yang selama hamil kemarin mengalami kenaikan sekian kilogram- secara cepat dan sehat.
Beberapa teman saya memberi testimonial bahwa cara paling cepat dan efektif untuk menurunkan berat badan pasca melahirkan adalah dengan menyusui (memberi ASI eksklusif) dan merawat si bayi sendiri. Michelle Horton di blog-nya mengatakan bahwa yang ia lakukan hanyalah menyusui bayinya. Menurutnya jika seorang ibu memberi ASI pada bayi secara eksklusif, itu hampir sama dengan membakar sebesar ekstra 500 kalori. Belum lagi jika seorang mom merawat bayinya sendiri, berapa banyak tambahan kalori yang ia bakar dengan semua kegiatan dalam rumah untuk taking care of the baby.
Selain itu, hari ini saya ingin berbagi beberapa tips, untuk para moms yang baru saja melahirkan bayinya, dan ingin cepat mengembalikan berat badan ke angka semula sebelum kehamilan:
  • Menyusui. Seorang ibu yang full memberikan ASI secara eksklusif pada bayinya, akan membakar ekstra up to 500 kalori per harinya. Hal itu identik dengan berlari di atas treadmill selama 1 jam.
  • Merawat bayi. Memang terkadang merawat bayi cukup merepotkan. It doesn’t mean that moms tidak boleh menggunakan bantuan jasa babysitter, tapi survei membuktikan bahwa dengan mengurus sendiri si bayi, itu sama dengan kegiatan ekstra yang juga membakar ekstra kalori.
  • Makan sedikit, tapi sering. Mungkin hal ini sudah biasa dilatih sejak masa kehamilan, dan ternyata hal ini masih berguna hingga saat merawat si bayi. Dan yang terpenting, pastikan camilan yang Anda makan adalah snack yang sehat. Hindari junk food pastinya!
  • Kenaikan berat badan saat hamil. Jika kenaikan berat badan saat hamil ada dalam batas normal, maka kembalinya berat badan ke angka semula akan lebih cepat. This is one of the reason bahwa konsep eating for two during pregnancy is not correct.
  • Olahraga ringan. Jika si bayi sudah cukup besar, maka tidak ada salahnya untuk mengajaknya berjalan-jalan. Mungkin hal ini adalah hal sepele, tapi itu juga terhitung sebagai semacam olahraga ringan bukan? Tentunya jangan memaksakan diri untuk langsung berolahraga di gym. Small things will give significant impact!
Jadi, kesimpulannya, cara terbaik adalah dengan menjaga diet pasca melahirkan, kemudian dua hal lain yang terpenting adalah dengan memberikan ASI eksklusif dan merawat bayi. Feel free untuk menambahkan tips-tips lainnya!

1 comment:

  1. haaa...
    akhirnya baru berjaya aku nak drop comment stlh sekian lama mencuba :)

    jihan,mcm best je tips ko ni.aku tgk pun mcm berkesan je kat ko.nnt before deliver aku nak call ko ambl tips byk2.bole??

    ReplyDelete

LinkWithin

Related Posts with Thumbnails